Format Posting Blog Ramah Pengguna (User Friendly) Rata Kiri dan Alinea Pendek
Format posting atau tulisan (artikel ) di blog harus ramah pengguna (user friendly), yaitu harus rata kiri (align-left) dan alinea pendek.

Selain itu, harua ada jarak antar alinea.

Format posting rata kiri kanan (justify), apalagi tidak ada jarak antar alinea, akan teras sulit dibaca, terlebih jika dibaca di HP. Sedangkan mayoritas pengguna internet membuka website atau blog melalui SmartPhone atau Ponsel Pintar.

Banyak blogger menulis posting tanpa memperhatikan kenyamanan pembacanya. Padahal, tulisan di blog atau media online/website bukan hanya soal kualitas isi tulisan, tapi juga soal penyajiannya.

Ibaratnya, dalam menulis posting di blog, bukan hanya soal APA yang diomongkan, tapi juga bagaimana CARA ngomongnya.

Scannable Content, Mudah Dipindai

Para pakar web usability seperti di NN Group menekankan pentingnya SCANNABILITY dalam postingan di website/blog sehingga user friendly. Jadi, buatkan "Scannable Content", konten blog yang mudah dipindai dan enak dibaca!

Salah satu contoh tampilan naskah, teks, atau tulisan user friendly adalah posting ini :) Enak dibaca 'kan? Apa rumusnya?

Kita lakukan studi banding dulu. Bandingkan kedua tampilan naskah berikut ini.

TAMPILAN 1: NON SCANNABLE TEXT

Konten menarik merupakan suatu hal yang wajib diberikan oleh setiap pemilik website, toko online ataupun blog. Gunanya, selain untuk memuaskan pembaca konten yang menarik juga digunakan untuk meningkatkan strategi SEO. Hal demikianlah yang sering dipraktekkan oleh para blogger. Semakin baik konten yang anda buat, maka semakin besar kemungkinan blog anda mencapai kesuksesan.
Konten adalah komponen utama di halaman website. Artinya, konten memegang peranan terbesar dalam optimasi on-page.


TAMPILAN 2: SCANNABLE TEXT

Konten menarik merupakan suatu hal yang wajib diberikan oleh setiap pemilik website, toko online ataupun blog. Gunanya, selain untuk memuaskan pembaca konten yang menarik juga digunakan untuk meningkatkan strategi SEO.

Hal demikianlah yang sering dipraktekkan oleh para blogger. Semakin baik konten yang anda buat, maka semakin besar kemungkinan blog anda mencapai kesuksesan.

Konten adalah komponen utama di halaman website. Artinya, konten memegang peranan terbesar dalam optimasi on-page.


Dari kedua tampilan naskah di atas, Anda tentu lebih nyaman membaca TAMPILAN 2 'kan? Itulah yang dimaksud posting user friendly? Apa formulanya?

Cara Membuat Posting Blog User Friendly

Pastikan postingan Anda memenuhi kriteria ramah pengguna sebagai berikut sebelum klik "Publish":

1. Align Left
Rata kiri adalah standar penulisan di website menurut W3C.

2. Short Paragraph
Gunakan alinea pendek, maksimal lima baris per paragraf.

3. White Space
Pastikan ada jarak antar-alinea, jangan bertumpuk seperti di TAMPILAN 1, tapi buatlah seperti TAMPILAN 2.

4. Highlighted
Gunakan tebal, miring, quoted, bulleted & numbered list, dan subheading (subjudul).

5. Font Size. 
Gunakan ukuran huruf minimal 13 Pixel. Gunakan pula jenis huruf yang "umum" seperti Arial, Tahoma, Open Sans, dll.

Kelima poin di atas akan membuat naskah atau posting blog Anda ramah pengguna, mudah dipindai (scannable), enak dibaca, nyaman di mata pengunjung, seperti pada contoh TAMPILAN 2 di atas.

Posting Blog Ramah Pengguna (Number List)
  1. Align Left. 
  2. Short Paragraph. 
  3. White Space. 
  4. Highlighted. 
  5. Font Size.
Posting Blog Ramah Pengguna (Bullet List)
  • Align Left. 
  • Short Paragraph. 
  • White Space. 
  • Highlighted. 
  • Font Size.
Demikian ulasana ringkas tentang Cara Membuat Posting Blog User Friendly yang sering diabaikan blogger, khususnya blogger pemula (newbie). Good luck and happy blogging!

Format Posting Blog Ramah Pengguna (User Friendly) Rata Kiri dan Alinea Pendek

Format Posting Blog Ramah Pengguna (User Friendly) Rata Kiri dan Alinea Pendek
Format posting atau tulisan (artikel ) di blog harus ramah pengguna (user friendly), yaitu harus rata kiri (align-left) dan alinea pendek.

Selain itu, harua ada jarak antar alinea.

Format posting rata kiri kanan (justify), apalagi tidak ada jarak antar alinea, akan teras sulit dibaca, terlebih jika dibaca di HP. Sedangkan mayoritas pengguna internet membuka website atau blog melalui SmartPhone atau Ponsel Pintar.

Banyak blogger menulis posting tanpa memperhatikan kenyamanan pembacanya. Padahal, tulisan di blog atau media online/website bukan hanya soal kualitas isi tulisan, tapi juga soal penyajiannya.

Ibaratnya, dalam menulis posting di blog, bukan hanya soal APA yang diomongkan, tapi juga bagaimana CARA ngomongnya.

Scannable Content, Mudah Dipindai

Para pakar web usability seperti di NN Group menekankan pentingnya SCANNABILITY dalam postingan di website/blog sehingga user friendly. Jadi, buatkan "Scannable Content", konten blog yang mudah dipindai dan enak dibaca!

Salah satu contoh tampilan naskah, teks, atau tulisan user friendly adalah posting ini :) Enak dibaca 'kan? Apa rumusnya?

Kita lakukan studi banding dulu. Bandingkan kedua tampilan naskah berikut ini.

TAMPILAN 1: NON SCANNABLE TEXT

Konten menarik merupakan suatu hal yang wajib diberikan oleh setiap pemilik website, toko online ataupun blog. Gunanya, selain untuk memuaskan pembaca konten yang menarik juga digunakan untuk meningkatkan strategi SEO. Hal demikianlah yang sering dipraktekkan oleh para blogger. Semakin baik konten yang anda buat, maka semakin besar kemungkinan blog anda mencapai kesuksesan.
Konten adalah komponen utama di halaman website. Artinya, konten memegang peranan terbesar dalam optimasi on-page.


TAMPILAN 2: SCANNABLE TEXT

Konten menarik merupakan suatu hal yang wajib diberikan oleh setiap pemilik website, toko online ataupun blog. Gunanya, selain untuk memuaskan pembaca konten yang menarik juga digunakan untuk meningkatkan strategi SEO.

Hal demikianlah yang sering dipraktekkan oleh para blogger. Semakin baik konten yang anda buat, maka semakin besar kemungkinan blog anda mencapai kesuksesan.

Konten adalah komponen utama di halaman website. Artinya, konten memegang peranan terbesar dalam optimasi on-page.


Dari kedua tampilan naskah di atas, Anda tentu lebih nyaman membaca TAMPILAN 2 'kan? Itulah yang dimaksud posting user friendly? Apa formulanya?

Cara Membuat Posting Blog User Friendly

Pastikan postingan Anda memenuhi kriteria ramah pengguna sebagai berikut sebelum klik "Publish":

1. Align Left
Rata kiri adalah standar penulisan di website menurut W3C.

2. Short Paragraph
Gunakan alinea pendek, maksimal lima baris per paragraf.

3. White Space
Pastikan ada jarak antar-alinea, jangan bertumpuk seperti di TAMPILAN 1, tapi buatlah seperti TAMPILAN 2.

4. Highlighted
Gunakan tebal, miring, quoted, bulleted & numbered list, dan subheading (subjudul).

5. Font Size. 
Gunakan ukuran huruf minimal 13 Pixel. Gunakan pula jenis huruf yang "umum" seperti Arial, Tahoma, Open Sans, dll.

Kelima poin di atas akan membuat naskah atau posting blog Anda ramah pengguna, mudah dipindai (scannable), enak dibaca, nyaman di mata pengunjung, seperti pada contoh TAMPILAN 2 di atas.

Posting Blog Ramah Pengguna (Number List)
  1. Align Left. 
  2. Short Paragraph. 
  3. White Space. 
  4. Highlighted. 
  5. Font Size.
Posting Blog Ramah Pengguna (Bullet List)
  • Align Left. 
  • Short Paragraph. 
  • White Space. 
  • Highlighted. 
  • Font Size.
Demikian ulasana ringkas tentang Cara Membuat Posting Blog User Friendly yang sering diabaikan blogger, khususnya blogger pemula (newbie). Good luck and happy blogging!

Related Posts